Tugas 2 Perbedaan Komunikasi Satu Arah dan Komunikasi Dua Arah

Definisi Komunikasi

Raymond Ross
Komunikasi adalah proses pemilahan, memilih, dan simbol pengiriman sedemikian rupa yang membantu penerima menghasilkan respon pesan / makna penalaran yang sama dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi ketika sumber pesan kepada penerima dengan maksud sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

Perbedaan Komunikasi Satu Arah dan Komunikasi Dua Arah
 
Komunikasi Satu Arah
komunikasi satu arah terjadi ketika seorang pengirim pesan kepada orang lain, sedangkan penerima pesan tidak menanggapi pesan tersebut atau komunikasi satu arah merupakan komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja, yaitu hanya dari pihak komunikator dengan tidak memberi kesempatan kepada komunikan untuk memberikan respon atau tanggapan. Yang termasuk komunikasi satu arah yaitu, khotbah, berita di radio dan Tv.
Contohnya: Ketika seorang ustadz sedang ceramah di masjid.

Perbedaan Komunikasi Satu Arah dan Komunikasi Dua Arah
 
Komunikasi Dua Arah
komunikasi yang terjadi ketika seseorang mengirim pesan, mengeluarkan ide, gagasan, pendapat dan peerima pesan (pendengar) menanggapi isi pesan atau komunikasi dua arah merupakan komunikasi yang berlangsung antara dua pihak dan ada timbal balik baik dari komunikator maupun komunikan.
Contohnya : seseorang sedang curhat kepada teman dekatnya dan menceritakan semua yang sedang dialami atau dirasakannya dan orang yang menerima pesan tersebut atau komunikan memberikan tanggapannya atau merespon kembali apa yang disampaikan komunikator.

Apa peran komunikasi dalam manajemen organisasi ?
Komunikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengannya, kita dapat berbagi ilmu, berdagang, serta berintegrasi untuk menjalin kerja sama. Syarat utama terjadinya sebuah komunikasi adalah adanya keberadaan dua orang atau lebih yang memiliki kebutuhan khusus antara yang satu dengan yang lain. Umumnya, komunikasi akan diawali dengan interaksi yang sederhana seperti contohnya senyuman, dan perlahan semakin intens. Hingga pada tahap ini kita sama-sama mengetahui bahwa komunikasi hanya akan terjadi jika terdapat sekelompok manusia yang saling membutuhkan. Dan, untuk memperuncing pembahasan, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Komunikasi di dalam Organisasi.
 
Sumber: 
Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga.
Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi – Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Widyatmini & Izzati. 1991. Pengantar Organisasi dan Metode. Jakarta : Gunadarma.
Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Depok : Gunadarma.

Komentar

Postingan Populer