Tugas 2 Perbedaan Komunikasi Satu Arah dan Komunikasi Dua Arah
Definisi Komunikasi
Raymond Ross
Komunikasi adalah proses pemilahan, memilih, dan simbol pengiriman sedemikian rupa yang membantu penerima menghasilkan respon pesan / makna penalaran yang sama dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
Komunikasi adalah proses pemilahan, memilih, dan simbol pengiriman sedemikian rupa yang membantu penerima menghasilkan respon pesan / makna penalaran yang sama dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi ketika sumber pesan kepada penerima dengan maksud sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
Komunikasi terjadi ketika sumber pesan kepada penerima dengan maksud sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
Perbedaan Komunikasi Satu Arah dan Komunikasi Dua Arah
Komunikasi Satu Arah
komunikasi
satu arah terjadi ketika seorang pengirim pesan kepada orang lain, sedangkan
penerima pesan tidak menanggapi pesan tersebut atau komunikasi satu arah merupakan komunikasi yang berlangsung dari satu pihak
saja, yaitu hanya dari pihak komunikator dengan tidak memberi kesempatan kepada
komunikan untuk memberikan respon atau tanggapan. Yang termasuk komunikasi satu
arah yaitu,
khotbah, berita di radio dan Tv.
Contohnya: Ketika seorang ustadz sedang ceramah di masjid.
Perbedaan Komunikasi Satu Arah dan Komunikasi Dua Arah
Komunikasi Dua Arah
komunikasi
yang terjadi ketika seseorang mengirim pesan, mengeluarkan ide, gagasan,
pendapat dan peerima pesan (pendengar) menanggapi isi pesan atau komunikasi dua arah merupakan komunikasi yang berlangsung antara dua pihak
dan ada timbal balik baik dari komunikator maupun komunikan.
Contohnya : seseorang sedang curhat kepada teman dekatnya dan menceritakan semua
yang sedang dialami atau dirasakannya dan orang yang menerima pesan tersebut
atau komunikan memberikan tanggapannya atau merespon kembali apa yang
disampaikan komunikator.
Apa peran
komunikasi dalam manajemen organisasi ?
Komunikasi memiliki peranan yang
sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengannya, kita dapat berbagi ilmu,
berdagang, serta berintegrasi untuk menjalin kerja sama. Syarat utama
terjadinya sebuah komunikasi adalah adanya keberadaan dua orang atau lebih yang
memiliki kebutuhan khusus antara yang satu dengan yang lain. Umumnya,
komunikasi akan diawali dengan interaksi yang sederhana seperti contohnya
senyuman, dan perlahan semakin intens. Hingga pada tahap ini kita sama-sama
mengetahui bahwa komunikasi hanya akan terjadi jika terdapat sekelompok manusia
yang saling membutuhkan. Dan, untuk memperuncing pembahasan, kali ini kita akan
membahas lebih dalam mengenai Komunikasi di dalam Organisasi.
Sumber:
Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi
Bisnis edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga.
Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi – Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Widyatmini & Izzati. 1991. Pengantar Organisasi dan Metode. Jakarta : Gunadarma.
Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Depok : Gunadarma.
Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi – Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Widyatmini & Izzati. 1991. Pengantar Organisasi dan Metode. Jakarta : Gunadarma.
Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Depok : Gunadarma.
Komentar
Posting Komentar