Pengembangan dan Kreatifitas
1. DEFINISI KONSEPTUAL
KREATIVITAS
Konsepsional adalah
suatu pemikiran umum yang menggambarkan hubungan antara konsep konsep khusus
yang akn menentukan variabel variabel yang akan saling berhubungan.istilah
konsepsional merupakan pengarah atau pedoman yang lebih konkrit.sehingga
diperlukan definisi operasional.
2. DEFINISI OPERASIONAL
KREATIVITAS
Operasional adalah
petunjuk atau cara kerja bagi si peneliti dalam mengumpulkan semua data-data yang
diperlukan selama penelitian berlangsung selain itu operasional ini juga dapat
menentukan suatu masalah tersebut dapat di teliti atau tidak.
3.
DEFINISI KREATIVITAS MENURUT CLARK
Menurut Clark Moustakis
(1967), ahli psikologi humanistic menyatakan bahwa kreativitas adalah
pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam
bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam, dan dengan
orang lain.
4.
TEORI KREATIVITAS
Ø Sigmund Freud
Ia
menjelaskan proses kreatif dari mekanisme pertahanan, yang merupakan upaya tak
sadar untuk menghindari kesadaran mengenai ide-ide yang tidak menyenangkan atau
yang tidak dapat diterima. Sehingga biasanya mekanisme pertahanan merintangi
produktivitas kreatif. Meskipun kebanyakan mekanisme pertahanan menghambat
tindakan kreatif, namun justru mekanisme sublimasi justru merupakan penyebab
utama dari kreativitas.
Ø Ernest Kris
Ia
menekankan bahwa mekanisme pertahanan regresi (beralih ke perilaku sebelumnya
yang akan memberi kepuasaan, jika perilaku sekarang tidak berhasil atau tidak
memberi kepuasaan) juga sering muncul dalam tindakan kreatif.
Ø Carl Jung
Ia
juga percaya bahwa ketidaksadaran memainkan peranan yang amat penting dalam
kreativitas tingkat tinggi. Alam pikiran yang tidak disadari dibentuk oleh masa
lalu pribadi. Dengan adanya ketidaksadaran kolektif, akan timbul penemuan,
teori, seni, dan karya-karya baru lainnya. Prose inilah yang menyebabkan
kelanjutan dari eksistensi manusia.
Ø Abraham Maslow
Ia
menekankan bahwa manusia mempunyai naluri-naluri dasar yang menjadi nyata
sebagai kebutuhan. Kebutuhan-kebutuhan itu, diwujudkan Maslow sebagai hirarki
kebutuhan manusia, dari yang terendah hingga yang tertinggi.
Ø Carl Rogers
Ia
menjelaskan ada 3 kondisi dari pribadi yang kreatif, adalah keterbukaan
terhadap pengalaman, kemampuan untuk menilai situasi sesuai dengan Patoka
pribadi seseorang, kemampuan untuk bereksperiman atau untuk ‘bermain’ dengan
konsep-konsep.
Ø Teori
Cziksentmihalyi
-
Ciri pertama
yang memudahkan tumbuhnya kreativitas adalah Predisposisi genetis (genetic
predispotition). Contoh seorang yang system sensorisnya peka terhadap warna
lebih mudah menjadi pelukis, peka terhadap nada lebih mudah menjadi pemusik.
-
Minat pada usia dini pada ranah tertentu
Minat
menyebabkan seseorang terlibat secara mendalam terhadap ranah tertentu,
sehingga mencapai kemahiran dan keunggulan kreativitas.
-
Akses terhadap suatu bidang
-
Access to a field
Kemampuan
berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sejawat + tokoh-tokoh penting dalam
bidang yang digeluti, memperoleh informasi yang terakhir, mendapatkan
kesempatan bekerja sama dengan pakar-pakar dalam bidang yang diminati sangat
penting untuk mendapatkan pengakuan + penghargaan dari orang-orang
penting.
-
Orang-orang kreatif
ditandai adanya kemampuan mereka yang luar biasa untuk menyesuaikan diri
terhadap hampir setiap situasi dan untuk melakukan apa yang perlu untuk
mencapau tujuannya.
5.
Artikel
Kreativitas yang sedang booming, tanggapan dan kesimpulan
Suka dengan
makanan pedas? Indonesia sepertinya memang menjadi salah satu surga bagi pecinta
makanan bercitarasa pedas. Berbagai bisnis kudapan dan makanan bercitarasa
pedas biasanya meraup omset yang besar karena selalu diminati oleh para
pembeli.
Lantas makanan apa
saja yang biasanya sangat cocok dengan citarasa pedas? Dari sekian banyak
jenis kudapan bercitarasa pedas, keripik singkong pasti jadi salah satu
andalannya. Keripik singkong dengan tingkat kepedasan berbagai level memang
menjadi salah satu kudapan favorit masyarakat Indonesia.
Awal Perjalanan Bisnis Keripik Karuhun
Keripik Karuhun (Keripikkaruhun.net)
digagas oleh seorang pebisnis bernama Yana Hawi Aripin. Kala itu Yana sempat
merasa down ketika mengalami kebangkrutan di bidang bisnis properti. Namun Yana
tak patah semangat dan mulai berusaha membangun kesuksesannya kembali.
Ide bisnis
kemudian datang dari keponakan Yana untuk menjual keripik singkong bercita rasa
pedas. Namun Yana tak serta langsung mengiyakan ide tersebut. Yana sempat
melakukan beberapa proses untuk menghasilkan resep keripik singkong pedas yang
paling pas dengan selera masyarakat Indonesia.
Kala itu, Yana
mulai mencoba memadukan citarasa keripik singkong dengan aroma daun jeruk yang
kuat. Eksperimen Yana saat membuat keripik singkong pedas kemudian dibagikan
untuk orang terdekat serta keluarga untuk memperoleh saran mengenai citar
keripik tersebut.
Di awal bisnis,
pemasaran Keripik Karuhun tidak langsung mendulang sukses. Sebagai pencetus
produk keripik singkong pedas, Yana memutuskan untuk berkeliling Bandung selama
1 minggu demi mencari lokasi penjualan yang tepat. Namun rupanya 2 minggu
pertama penjualan Keripik Karuhun tidak membuahkan hasil yang menggembirakan.
Dalam 2 minggu, hanya ada 32 bungkus Keripik Karuhun yang terjual.
Strategi Pemasaran ala Keripik Karuhun
Tim Keripik
Karuhun lantas menyusun strategi pemasaran yang lebih praktis dan efektif lagi.
Dengan mengadopsi konsep ala #MLM, Keripik Karuhun mulai memberdayakan anak-anak muda
dan kalangan mahasiswa di sekitar Bandung untuk memasarkan produknya. Rupanya
strategi tersebut berhasil meningkatkan omset penjualan Keripik Karuhun. Mulai
dari 100 bungkus hingga pernah mencapai 200.000 bungkus keripik per bulannya.
Inovasi dari Keripik Karuhun
Kesuksesan yang
telah diraih ternyata tak membuat Yana dan tim Keripik Karuhun lainnya merasa
berpuas diri. Sambil memperluas jangkauan wilayah penjualan, tim Keripik
Karuhun juga mengembangkan varian produk Keripik Karuhun yang lain. Selain
menyediakan keripik singkong pedas dengan 3 level rasa pedas, Keripik Karuhun
juga membuat varian keripik lain seperti keripik singkong keju, keripik
singkong cabe hijau, bakso goreng (basreng), dorokdok (kerupuk kulit), gurilem
dan pangsit pedas.
Banyaknya varian
produk Keripik Karuhun ini membuat Keripik Karuhun bisa meraih kesempatan untuk
mengekspansi bisnis dan memenuhi ragam selera masyarakat Indonesia. Bahkan
kini Keripik Karuhun tidak hanya dijajakan di Bandung, namun juga mulai
menjangkau daerah lainnya dengan sistem pemasaran secara online.
Perkembangan
bisnis Keripik Karuhun sungguh pesat dan menakjubkan. Dalam waktu yang relatif
singkat, pemasaran Keripik Karuhun mulai meluas hingga menjangkau pusat
oleh-oleh di berbagai kota. Karena Keripik Karuhun kini juga dikenal sebagai
salah satu oleh-oleh khas Bandung.
Menanggapi animo
masyarakat yang begitu besar, Keripik Karuhun juga mulai memperbaiki packaging
menjadi lebih eye catching dan bisa membuat Keripik Karuhun lebih tahan lama
saat disimpan. Kini standar kemasan yang baik sudah digunakan dan mulai membuat
Keripik Karuhun berhasil dijual di berbagai supermarket dan minimarket di
sejumlah daerah Indonesia. Keripik Karuhun sekarang bisa kita dapatkan secara
mudah di berbagai pusat perbelanjaan dan minimarket terdekat.
Tertarik dengan Bisnis Keripik Karuhun?
Kita bisa menjadi
“Patih” (istilah untuk menyebut para reseller Keripik Karuhun) untuk mulai
meraup untung bersama Keripik Karuhun. Tapi bila kita tertantang untuk
melakukan hal yang lebih baik lagi, cukup belajar dari kesuksesan bisnis
Keripik Karuhun untuk mulai mengembangkan bisnis sesuai dengan passion kita.
Selamat berbisnis!
Ø Tanggapan saya tentang produk ini adalah sangat
kreatif dan inovatif, mereka bisa membaca peluang bisnis dengan menjual produk makanan
yang bertemakan pedas, karena di Indonesia mayoritas masyarakatnya menyukai makanan
pedas
Ø Kesimpulan nya adalah kripik karuhun ini adalah
makanan asli Indonesia, yang harus terus dikembangkan agar usaha kripik karuhun
bisa semakin baik lagi
6.
Anak
laki-laki menunjukkan kreativitas nya lebih besar dibanding anak perempuan
terutama setelah berlalunya masa anak-anak
Kalau menurut saya pendapat itu benar dikarenakan
laki-laki banyak bergaul, yang darimana pergaulan itu bisa membuat sang anak
menjadi kreatif, dan adanya tuntutan juga yang membuat sang anak laki-laki bisa
menjadi kreatif.
Sumber:
Komentar
Posting Komentar