Pengembangan dan Kreatifitas





1.     DEFINISI KONSEPTUAL KREATIVITAS
Konsepsional adalah suatu pemikiran umum yang menggambarkan hubungan antara konsep konsep khusus yang akn menentukan variabel variabel yang akan saling berhubungan.istilah konsepsional merupakan pengarah atau pedoman yang lebih konkrit.sehingga diperlukan definisi operasional.
2.     DEFINISI OPERASIONAL KREATIVITAS
Operasional adalah petunjuk atau cara kerja bagi si peneliti dalam mengumpulkan semua data-data yang diperlukan selama penelitian berlangsung selain itu operasional ini juga dapat menentukan suatu masalah tersebut dapat di teliti atau tidak.
3.     DEFINISI KREATIVITAS MENURUT CLARK
Menurut Clark Moustakis (1967), ahli psikologi humanistic menyatakan bahwa kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam, dan dengan orang lain.
4.     TEORI KREATIVITAS
Ø  Sigmund Freud
Ia menjelaskan proses kreatif dari mekanisme pertahanan, yang merupakan upaya tak sadar untuk menghindari kesadaran mengenai ide-ide yang tidak menyenangkan atau yang tidak dapat diterima. Sehingga biasanya mekanisme pertahanan merintangi produktivitas kreatif. Meskipun kebanyakan mekanisme pertahanan menghambat tindakan kreatif, namun justru mekanisme sublimasi justru merupakan penyebab utama dari kreativitas.

Ø  Ernest Kris
Ia menekankan bahwa mekanisme pertahanan regresi (beralih ke perilaku sebelumnya yang akan memberi kepuasaan, jika perilaku sekarang tidak berhasil atau tidak memberi kepuasaan) juga sering muncul dalam tindakan kreatif.

Ø  Carl Jung
Ia juga percaya bahwa ketidaksadaran memainkan peranan yang amat penting dalam kreativitas tingkat tinggi. Alam pikiran yang tidak disadari dibentuk oleh masa lalu pribadi. Dengan adanya ketidaksadaran kolektif, akan timbul penemuan, teori, seni, dan karya-karya baru lainnya. Prose inilah yang menyebabkan kelanjutan dari eksistensi manusia.

Ø  Abraham Maslow
Ia menekankan bahwa manusia mempunyai naluri-naluri dasar yang menjadi nyata sebagai kebutuhan. Kebutuhan-kebutuhan itu, diwujudkan Maslow sebagai hirarki kebutuhan manusia, dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Ø  Carl Rogers
Ia menjelaskan ada 3 kondisi dari pribadi yang kreatif, adalah keterbukaan terhadap pengalaman, kemampuan untuk menilai situasi sesuai dengan Patoka pribadi seseorang, kemampuan untuk bereksperiman atau untuk ‘bermain’ dengan konsep-konsep.

Ø  Teori Cziksentmihalyi
-            Ciri pertama yang memudahkan tumbuhnya kreativitas adalah Predisposisi genetis (genetic predispotition). Contoh seorang yang system sensorisnya peka terhadap warna lebih mudah menjadi pelukis, peka terhadap nada lebih mudah menjadi pemusik.
-            Minat pada usia dini pada ranah tertentu
Minat menyebabkan seseorang terlibat secara mendalam terhadap ranah tertentu, sehingga mencapai kemahiran dan keunggulan kreativitas.
-            Akses terhadap suatu bidang
Adanya sarana dan prasarana serta adanya pembina/mentor dalam bidang yang diminati   sangat membantu pengembangan bakat.
-            Access to a field
Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sejawat + tokoh-tokoh penting dalam bidang yang digeluti, memperoleh informasi yang terakhir, mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan pakar-pakar dalam bidang yang diminati sangat penting untuk mendapatkan pengakuan + penghargaan dari orang-orang penting.     
-            Orang-orang kreatif ditandai adanya kemampuan mereka yang luar biasa untuk menyesuaikan diri terhadap hampir setiap situasi dan untuk melakukan apa yang perlu untuk mencapau tujuannya.


5.     Artikel Kreativitas yang sedang booming, tanggapan dan kesimpulan
Suka dengan makanan pedas? Indonesia sepertinya memang menjadi salah satu surga bagi pecinta makanan bercitarasa pedas. Berbagai bisnis kudapan dan makanan bercitarasa pedas biasanya meraup omset yang besar karena selalu diminati oleh para pembeli.
Lantas makanan apa saja yang biasanya sangat cocok dengan citarasa pedas? Dari sekian banyak jenis kudapan bercitarasa pedas, keripik singkong pasti jadi salah satu andalannya. Keripik singkong dengan tingkat kepedasan berbagai level memang menjadi salah satu kudapan favorit masyarakat Indonesia.

Awal Perjalanan Bisnis Keripik Karuhun

Keripik Karuhun (Keripikkaruhun.net) digagas oleh seorang pebisnis bernama Yana Hawi Aripin. Kala itu Yana sempat merasa down ketika mengalami kebangkrutan di bidang bisnis properti. Namun Yana tak patah semangat dan mulai berusaha membangun kesuksesannya kembali.
Ide bisnis kemudian datang dari keponakan Yana untuk menjual keripik singkong bercita rasa pedas. Namun Yana tak serta langsung mengiyakan ide tersebut. Yana sempat melakukan beberapa proses untuk menghasilkan resep keripik singkong pedas yang paling pas dengan selera masyarakat Indonesia.
Kala itu, Yana mulai mencoba memadukan citarasa keripik singkong dengan aroma daun jeruk yang kuat. Eksperimen Yana saat membuat keripik singkong pedas kemudian dibagikan untuk orang terdekat serta keluarga untuk memperoleh saran mengenai citar keripik tersebut.
Di awal bisnis, pemasaran Keripik Karuhun tidak langsung mendulang sukses. Sebagai pencetus produk keripik singkong pedas, Yana memutuskan untuk berkeliling Bandung selama 1 minggu demi mencari lokasi penjualan yang tepat. Namun rupanya 2 minggu pertama penjualan Keripik Karuhun tidak membuahkan hasil yang menggembirakan. Dalam 2 minggu, hanya ada 32 bungkus Keripik Karuhun yang terjual.

Strategi Pemasaran ala Keripik Karuhun

Tim Keripik Karuhun lantas menyusun strategi pemasaran yang lebih praktis dan efektif lagi. Dengan mengadopsi konsep ala #MLM, Keripik Karuhun mulai memberdayakan anak-anak muda dan kalangan mahasiswa di sekitar Bandung untuk memasarkan produknya. Rupanya strategi tersebut berhasil meningkatkan omset penjualan Keripik Karuhun. Mulai dari 100 bungkus hingga pernah mencapai 200.000 bungkus keripik per bulannya.

Inovasi dari Keripik Karuhun

Kesuksesan yang telah diraih ternyata tak membuat Yana dan tim Keripik Karuhun lainnya merasa berpuas diri. Sambil memperluas jangkauan wilayah penjualan, tim Keripik Karuhun juga mengembangkan varian produk Keripik Karuhun yang lain. Selain menyediakan keripik singkong pedas dengan 3 level rasa pedas, Keripik Karuhun juga membuat varian keripik lain seperti keripik singkong keju, keripik singkong cabe hijau, bakso goreng (basreng), dorokdok (kerupuk kulit), gurilem dan pangsit pedas.
Banyaknya varian produk Keripik Karuhun ini membuat Keripik Karuhun bisa meraih kesempatan untuk mengekspansi bisnis dan memenuhi ragam selera masyarakat Indonesia. Bahkan kini Keripik Karuhun tidak hanya dijajakan di Bandung, namun juga mulai menjangkau daerah lainnya dengan sistem pemasaran secara online.
Perkembangan bisnis Keripik Karuhun sungguh pesat dan menakjubkan. Dalam waktu yang relatif singkat, pemasaran Keripik Karuhun mulai meluas hingga menjangkau pusat oleh-oleh di berbagai kota. Karena Keripik Karuhun kini juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung.
Menanggapi animo masyarakat yang begitu besar, Keripik Karuhun juga mulai memperbaiki packaging menjadi lebih eye catching dan bisa membuat Keripik Karuhun lebih tahan lama saat disimpan. Kini standar kemasan yang baik sudah digunakan dan mulai membuat Keripik Karuhun berhasil dijual di berbagai supermarket dan minimarket di sejumlah daerah Indonesia. Keripik Karuhun sekarang bisa kita dapatkan secara mudah di berbagai pusat perbelanjaan dan minimarket terdekat.

Tertarik dengan Bisnis Keripik Karuhun?

Kita bisa menjadi “Patih” (istilah untuk menyebut para reseller Keripik Karuhun) untuk mulai meraup untung bersama Keripik Karuhun. Tapi bila kita tertantang untuk melakukan hal yang lebih baik lagi, cukup belajar dari kesuksesan bisnis Keripik Karuhun untuk mulai mengembangkan bisnis sesuai dengan passion kita. Selamat berbisnis!
Ø  Tanggapan saya tentang produk ini adalah sangat kreatif dan inovatif, mereka bisa membaca peluang bisnis dengan menjual produk makanan yang bertemakan pedas, karena di Indonesia mayoritas masyarakatnya menyukai makanan pedas
Ø  Kesimpulan nya adalah kripik karuhun ini adalah makanan asli Indonesia, yang harus terus dikembangkan agar usaha kripik karuhun bisa semakin baik lagi

6.     Anak laki-laki menunjukkan kreativitas nya lebih besar dibanding anak perempuan terutama setelah berlalunya masa anak-anak
Kalau menurut saya pendapat itu benar dikarenakan laki-laki banyak bergaul, yang darimana pergaulan itu bisa membuat sang anak menjadi kreatif, dan adanya tuntutan juga yang membuat sang anak laki-laki bisa menjadi kreatif.

Sumber:

Komentar

Postingan Populer